Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penerapan Komputasi Modern Pada Website Agoda


        Komputasi Modern ialah sebuah cara untuk menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan sistem matematis, namun dalam pengertian yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan masalah manusia.

Komputasi modern mempunyai karakteristik tertentu yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
  1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang. 
  2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam. 
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas. 

Komputasi modern bekerja dengan menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, meliputi :
  1. Akurasi (big, Floating point) 
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz) 
  3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel) 
  4. Modeling (NN & GA) 
  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O) 

           Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang suatu website perusahaan yang menerapkan komputasi modern didalamnya, baik dari segi kelebihan website tersebut maupun kekurangannya. Website yang menjadi bahan pembahasan saya adalah website reservasi hotel online yaitu Agoda. 

Berikut adalah tampilan dari website www.agoda.com :




Berikut adalah contoh reservasi salah satu hotel secara online yang ada di Batam, Indonesia:



Gambar diatas merupakan fasilitas yang disediakan oleh Agoda. Terdapat kolom destinasi, tanggal check-in, dan berapa malam kita akan melakukan reservasi kamar hotel.




Setelah itu akan muncul gambar seperti diatas. Dimana Agoda menawarkan beberapa hotel yang mewah sampai dengan hotel menengah kebawah.




Pengunjung juga bisa melihat rute hotel yang akan disewa di maps pada smartphone ataupun perangkat lainnya jika tidak mengetahui lokasi hotel tersebut.



Terdapat juga fasilitas “customers like this hotel for” pada website ini. Yang bertujuan untuk merekomendasikan beberapa aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung-pengunjung lainnya, jauh perjalanan yang ditempuh menuju bandara, komentar dari para pengunjung, dan beberapa tempat menarik lainnya.


Gambar diatas merupakan salah satu hotel yang ada di Batam, yaitu Montigo Resort.


Komentar:

 Kelebihan yang dimiliki oleh website Agoda sendiri adalah Instant Confirmation. Saat anda melakukan reservasi saat itu pulalah anda akan mendapatkan kepastian status reservasi anda. Dibandingkan beberapa website sejenis, harga hotel Agoda pada umumnya lebih murah. Pilihan hotel sangat beragam, dilengkapi dengan gambar hotel dan review dari tamu-tamu yang pernah menginap disana. Pengunjung juga bisa melakukan reservasi di hari-H bahkan hingga menit terakhir (Last Minute Booking). pun bisa melakukan reservasi jauh sebelum hari-H (Early Bird), sampai 1 tahun dimuka. Bahkan untuk Early Bird terkadang ada hotel yang memberikan diskon tambahan. Harga hotel sudah nett, tanpa ada tambahan biaya yang dikenakan pada pengunjung saat check out.
  Sangat simple bukan? Tetapi yang menjadi kelemahan dari website Agoda ini adalah  reservasi harus menggunakan Kartu Kredit atau bisa juga dengan menggunakan PayPal. Karena tidak semua orang mempunyai Kartu Kredit ataupun PayPal. Instant Payment, jadi begitu reservasi saat itu pula pembayaran harus dilakukan. Dan beberapa hotel memberlakukan No-Refund Policy (jadi tidak bisa diuangkan atau hangus jika tidak datang).Tetapi tergantung kebijakan masing-masing hotel. Umumnya kalaupun bisa dicancel, Agoda menarik biaya cancellation fee dan sisa uang dikembalikan dalam beberapa waktu (tidak instan).



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar